Kamis, 26 Juli 2012

Apa sih Program Java itu??





Java adalah sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek. Kebanyakan dari syntaxnya itu mewarisi syntax yang ada di C atau C++.
Beberapa definisi yang sering kita gunakan antara lain:
  • Program : Adalah serangkaian instruksi yang logis, ditulis dalam bahasa pemrograman (bahasa yang dimengerti oleh komputer) untuk menghasilkan informasi (output) sesuai dengan keinginan si pemakai jasa komputer (User).
  • Programming : Adalah tahapan dalam pembuatan program.
  • Programmer : Adalah orang atau tenaga pelaksana yang mempunyai tugas untuk membuat dan menyiapkan program siap pakai.
Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, kita dapat membuat aplikasi yang dibuat dengan bahasa lainnya. Apa saja sih yang bisa kita hasilkan?
  1. Aplikasi yang berbasis desktop. (J2SE : Java 2 Standard Edition)
  2. Aplikasi yang berbasis web. (J2EE : Java 2 Enterprise Edition)
  3. Aplikasi yang dijalankan di mobile device misalnya: handphone, PDA, dan sebagainya. (J2ME : Java 2 Micro Edition)
Kenapa harus Java?
Sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman lainnya yang dapat kita pelajari untuk dapat membuat sebuah aplikasi. Lalu, mengapa harus memilih Java?
  1. Mudah dipelajari. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek, mudah dipelajari, apalagi bagi programmer yang sudah familiar dengan bahasa pemrograman C atau C++.
  2. Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
  3. OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
  4. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
  5. Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
  6. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
  7. Programmer Java banyak dicari. Ya, dewasa ini sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan menggunakan Java untuk membangun sistem nya. Akibatnya, semakin banyak pula lowongan pekerjaan untuk Java Developer / Programmer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar