Hak Cipta oleh Mr.Ahong. Diberdayakan oleh Blogger.

Instalasi JDK Dan JRE

|| || || Leave a komentar

Instalasi JDK Dan JRE

Java merupakan salah satu bahasa yang dapat dijalankan diberbagai platform. Hal ini bisa diketahui dari compiler java yang mengubah program menjadi bahasa intermediate yang disebut juga dengan java bytecode. Kemudian interpreter java (JRE) pada setiap sistem operasi mampu melakukan interpretasi bytecode tersebut setiap kali bytecode dijalankan.
Jadi proses kompilasi hanya terjadi sekali saat prgram java diubah menjadi bytecode sedangkan proses interpretasi terjadi setiap kali bytcode dijalankan pada java virtual machine.
Platform java memiliki dua buah komponen yaitu :
  • -    Java Virtual Machine (JVM)
  • -    Java Application Programming Interface (JAPI)
JVM merupakan mesin yang melakukan interpretasi java bytecode. Java bytecode merupakan sebuah bahasa mesin untuk JVM. Setiap interpreter java, baik berupa kakas pengebangan maupun web browser yang dapat menjalankan applet merupakan implementasi dari JV.

JAPI merupakan sekumpulan koleksi komponen perangkat lunak yang menyediakan berbagai kemampuan untuk mengembangkan java. Dengan kata lian, JAVI merupakan library kelas yang telah disediakan java dan siap untuk digunakan oleh pengembang java. Sebuah program java berjalan di atas platform java. Sedangkan platform java berjalan di atas platform berbasis perngkat keras.
Oleh sebab itu maka sebelum mengkompilasi ataupun menginterpretasi setiap program java maka diperlukan sebuah tools pembantu dalam memprogram. Tools pembantu itu yaitu JDK dan JRE.
JDK merupana seperangkat kakas yang digunakan untuk membangun program, JDK ini berguna saat kita akan menulis code program . Adapun JRE memungkinkan sebuah program Java dapat diinterpretasi di dalam komputer . JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class – class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke proccesor.
Adapun cara untuk instalasi JDK dan JRE yaitu sebagai berikut :
  1. Pastikan kita memiliki aplikasi untuk instalasi JDK. Untuk versinya sendiri saat ini kita akan mempergunakan JDK versi 7 yang dikeluarkan oleh Oracle Corporation. Kita dapat secara langsung mendownload di situs resminya di http://www.oracle.com/technetwork/java/javaee/downloads/java-ee-sdk-6u3-jdk-7-downloads-439818.html
  2. Jalankan aplikasi instalasi tersebut maka akan muncul panduan instalasi Java SE Development Kit 7. Pilih Next untuk melanjutkan instalasi.
  3. Langkah selanjutnya yaitu kita menentukan direktori secara default untuk penyimpanan instalasi dari aplikasi java tersebut. Kita pun bisa memilih fitur apa saja yang diperlukan untuk tools development kita. Kita dapat secara manual memilih salah satunya dengan menambah ataupun mengurangi utilitasnya di control panel jika sebelumnya fitur telah terinstalasi.
  4. Saat kita memilih change kita akan diberikan pilihan penyimpanan direktori yang akan kita pergunakan untuk menyimpan instalasi program.
  5. Setelah kita memilih direktori baik secara default maupun dengan memilih lokasi direktorinya, kita pilih next untuk memulai proses instalasi.
  6. Jika instalasi SDK berhasil, maka berikutnya yang akan ditampilkan adalah tentang instalasi JRE. Sama halnya seperti instalasi JDK, instalasi JRE memberikan pilihan yang terhadap tempat instalasi direktori. Kita bisa memilihnya secara default ataupun menyesuaikan tempat penyimpanan instalasinya.
  7. Jika kita menginginkan penyimpanan file instalsi di direktori lain maka kita dapat melakukannya dengna menekan change. Lalu tentukan direktori pinyimpanannnya. Selanjutnya klik ok.
  8. Selanjutnya setelah direktori terpilih maka kita bisa memilih next untuk melanjutkan pada proses instalasi.
  9. Instalasi akan diakhiri dengan tampilan keberhasilan instalasi. Kita dapat melakukan registrasi secara gratis untuk mendapatkan service dan pelatihan dari Oracle.
  10. Klik finish untuk mengakhiri semuanya.
Comments
0 Comments
/[ 0 komentar Untuk Artikel Instalasi JDK Dan JRE]\

Poskan Komentar