Kamis, 26 Juni 2014

Mengembangkan Insting Bermusik

Setiap musisi yang merasa dirinya sudah berada dipuncak karir dan tidak perlu lagi melakukan latihan keras. Sebenarnya musisi itu sedang maju kedalam kegelapan. Baik komposer maupun penyanyi sama-sama mengalami kemandekan untuk menciptakan musik baru. Menemukan kembali insting bermusik adalah salah satu cara untuk keluar dari kegelapan itu.

Insting bermusik bisa dilakukan dengan mencoba hal-hal baru, yang sifatnya diluar kebiasaan. Misalnya anda seorang gitaris, tidak ada salahnya membeli drum dan coba memainkannya. Siapa tahu dengan bermain drum, anda justru bisa menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

Jangan batasi otak anda untuk berkarya. Meskipun pemikiran anda termasuk aneh dan tidak mungkin menjadi nyata. Pemikiran yang berbeda dan tidak masu akal justru seringkali menjadi bom yang membuat anda makin populer. Sentuhan-sentuhan baru ini membuat anda menghilangkan kebosanan dalam bermusik.

Selain mencoba hal baru, pertahankan pula rasa ingin tahu anda. Sebab hanya rasa ingin tahulah yang membuat anda bisa terus belajar hal-hal baru. Anda seorang vokalis? Bukan berarti anda dlarang bermain gitar. Anda seorang gitaris, bukan berarti juga anda tidak bisa memainkan piano. Semua bisa dilakukan selagi ada rasa penasaran dalam diri anda.

Karena itu pertahankanlah rasa penasaran dan kembangkan otak anda untuk terbiasa menemukan ide-ide segar, sekalipun ide tersebut termasuk tidak masuk akal. Insting bermusik sangat anda butuhkan ketika anda berada dipuncak belajar. Yakni saat anda merasa menguasai segalanya, padahal ada orang yang bisa jadi lebih hebat dari anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar