Selasa, 17 Juni 2014

Rocker Taat Beribadah

Selama ini rocker selalu identik dengan ketidakteraturan, acak-acakan bahkan kekerasan. Musisi rock selalu dihakimi dengan cap-cap negatif. Orang-orang sering menduga bahwa mereka adalah atheis, manusia yang tak percaya tuhan. Karena itu banyak yang mengira bahwa musisi rock tak pernah beribadah. Apapun agamanya, musiklah yang menjadi dewa mereka.

rocker taat beribadah
Beberapa bahkan dituduh menyembah setan, atau benda mati seperti gitar yang dia gunakan atau instrumen musik lain seperti keyboard dan drum. Beli drum elektrik, keyboard atau gitar pun menjadi rutinitas yang begitu sakral. Karena ketika membeli instrumen, semua harapan dan doa mereka tersemat diinstrumen musik tersebut.

Tapi tahukah anda dari ratusan rocker yang lahir didunia, ada satu yang tak mendewakan musik. Namun justru sangat mencintai tuhannya? Dia adalah Ahmet Muhsin Tuzer. Musisi rock asal Turki yang pandai mengumandangkan adzan dan sangat getol beribadah dimasjid. Anehnya bakat musik rock yang diimbangi dengan ketaatan beribadah ini, justru menimbulkan kontroversi.

Karena musik rock dianggap tidak islami. Sebagai imam masjid Tuzer dituntut untuk mengenyahkan segala hal yang bersifat duniawi dan hanya berpikir tentang keutuhan islam di Turki. Namun menurut Tuzer rocker juga bisa menjalankan ajaran agama. Dia ingin menunjukkan bahwa muslim yang baik bisa mendengarkan musik rock dan menjadi moderen disaat yang bersamaan.

Ahmet dan band-nya Firock tampil untuk kali pertamanya dalam festival lokal di di kota Kas. Menurut Tuzer musiknya kental dengan tasawuf dan bertujuan menarik generasi muda Turki untuk kembali ke jalan Islam yang benar. Hingga saat ini keberadaan Tuzer masih menuai kontroversi dikalangan pemerintah Turki yang sangat menganut islam konservatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar