Senin, 14 Juli 2014

Alat-alat musik khas Papua

Alat-alat musik Papua hampir mirip dengan suku-suku asli Australia. Karena suku Papua memang memiliki nenek moyang asal Australia. Wajar, karena secara geografis Papua memang lebih dekat ke Australia ketimbang pusat pulau Jawa. Dijaman moderen ini alat-alat musik Papua asli sudah semakin sulit dicari.

Alat-alat musik khas Papua

Lantaran banyaknya orang-orang yang suka mengumpulkan beragaman alat musik tradisional. Kolektor alat musik tersebut biasanya menukar alat musik papua dengan alat musik moderen seperti gitar klasik. Karena itu jangan heran jika banyak kolektor membeli gitar, sebab gitar tersebut adalah alat tukang paling efektif untuk mendapatkan instrumen musik yang lebih bagus.Lalu apa saja instrumen musik tradisional dari papua? Berikut penjelasannya :

a.Ukulele
Ukulele mulai diperkenalkan ke Papua Barat pada awal abada ke-19 dengan kedatangan misionaris Kristen. Ukulele sendiri dulunya diperkenalkan oleh imigran Portugis yang tinggal di hawai. Ukulele cepat menyebar dan menjadi alat populer di Papua.

b.Tifa
alat musik tradisional ini banyak digunakan oleh penduduk Papua dan Maluku. Bentuknya mirip gendang, dimainkan dengan cara dipukul.Tifa dibuat dari batang kayu yang dihilangkan isinya. Salah satu ujung ditutupi kulit binatang seperti kulit rusa. Setiap suku di Papuan memili spesifikasi Tifa berbeda.

c.Triton
adalah alat musik tradisional Papua yang dimainkan dengan cara ditiup. Triton terdapat dihampir seluruh wilayah pantai seperti kepulauan Raja Ampat, Biak, Teluk Wondama, Yapen Waropen dan Nabire. Semula Triton hanya digunakan sebagai alat bekomunikasi, namun seiring perkembangan jaman Triton akhirnya digunakan untuk bemusik.

Itulah beberapa alat musik tradisional Papua yang sangat terkenal. Sebenarnya masih ada banyak instrumen musik tradisional yang dimiliki Papua. Anda hanya perlu mencari tahun sendiri dan coba mempelajarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar