Selasa, 15 Juli 2014

Belajar Itu Bukan Hanya di Sekolah

Didunia ini banyak musisi terutama komposer yang menuai sukses besar setelah menyelesaikan studinya. Tittle dan nama besar sekolah membuat mereka mendapatkan banyak tawaran, bukan hanya dinegaranya tapi dihampir seluruh penjuru negeri. Menjadi lulusan terbaik disekolah musik adalah modal terbaik untuk meraup kepercayaan publik.

Belajar Itu Bukan Hanya di Sekolah

Meski kadang karya mereka terdengar biasa-biasa saja, namun karena memiliki latarbelakang pendidikan yang bagus, karya para musisi jebolan sekolah musik itu sering dianggap luar biasa. Tapi bagi musisi kawakan asal Inggris Ed Sheeran kampus atau sekolah bukanlah tempat untuk para musisi. Sheeran sendiri mengaku sebagai seorang lulusan kampus sekolah musik.
Tapi dia berpendapat ilmunya selama dibangku kuliah tidak banyak berperan dalam kesuksesan karirnya. Menurut Sheeran untuk sukses diindustri musik yang dibutuhkan adalah banyaknya pengalaman, bukan teori-teori musik yang memusingkan. Sheeran pun menyarankan musisi pemula untuk melakukan observasi langsung tentang industri musik.
Sebab duduk dibangku kuliah hanya akan membuat anda mandek, dan kehilangan kreatifitas. Sheeran bahkan mengaku masuk sekolah musik dan menjadi mahasiswa musik adalah kesalahan dalam karirnya. Buat Sheeran pelajaran yang paling ampu adalah melihat cara idola anda tampil diatas panggung dan pelajari teknik-teknik yang mereka gunakan.

Untuk menunjang proses pembelajaran sebaiknya anda memiliki instrumen musiknya dirumah. Anda bisa beli piano atau keyboard sebagai teman berlatih. Sheeran mengatakan bagi musisi pemula ada baik-baiknya untuk lebih sering menulis lagu. Semakin banyak yang anda tulis, kualitasnya akan semakin baik. Sheeran sendiri sudah sukse dengan albumnya berjudul “+” dengan penjualan lebih sari satu juta copy di Inggris dan menduduki posisi lima di US Billboard Chart.

2 komentar:

  1. Benat sekali sob, belajar bukan harus disekolah kok, ada juga yang belajar nonformal jika di tekunin akan lebih besar manfaatnya... seperti belajar di kursus atau lembaga lainnya..

    BalasHapus
  2. Gua aja sekolah di smk,semua pelajaran ya standart aja sih.Tapi yang gua dapet lebih itu di dunia bisnis.Khususnya bisnis Online,Relasi,link,dan lain.Alhamdulillah sekarang udah kerja sambil konsisten sama dunia Investasi Kayu. (y)

    BalasHapus