Senin, 14 Juli 2014

Liarnya kreatifitas penduduk Papua

Semua orang pasti akan heran dengan penduduk Papua, yang lihai menciptakan musik-musik menghentak namun tetap memikat. Faktanya penduduk Papua memiliki kebebasan liar ketika bermusik. Mereka menggunakan istrumen apapun yang ada untuk menungkapkan perasaannya dengan musik.

Liarnya kreatifitas penduduk Papua


Bahkan jika anda membeli drum dan memberikannya kepada penduduk Papua. Niscaya mereka akan menguasai alat pukul itu dalam waktu sekejap. Karena bagi penduduk Papua alat musik sudah seperti alat makan yang digunakan sehari-hari. Sedikit saja mengetahui irama dan kuncinya, sekejap kemudian mereka bisa menampilkan pertunjukan memukau.
Ukulele, gitar, drum, tangkai bambu bahkan suara burung pun bisa mereka bentuk menjadi sebuah irama tertentu. Musik dalam diri orang Papua bekerja dalam hati, sehingga musik yang tercipta merupakan refleksi kehidupan penduduk Papua yang bebas tanpa batas. Inilah akar kreatfitas bermusik Papua yang menjadikan mereka begitu istimewa.

Bagi orang Papua musik adalah sumber daya komunal. Suara rumitnya selalu terhubung dengan alam dan lingkungan. Suara adalah komponen kunci dalam musik Papua, irama akustika, harmonis dari alat musik tradisional Papua memberikan semangat dan ruang introspektif, memberikan wawasan dunia dalam masyarakat dan budaya mereka,
Lirik dan harmoni yang mereka ciptakan adala misteri dan keindahan alam tanah Papua.

Musik memberikan pengetahuan dan kebijaksanaan seperti yang selalu dilakukan para leluhur Papua. Meskipun gaya bermusik masyarakat pesisir dan dataran tinggi berbeda. Namun elemen-elemen utamanya tetap sama, yakni musik berbau improvisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar