Kamis, 10 Juli 2014

Marching Band Tertua Didunia

Marching band pertama kali dipertunjukkan oleh kalangan militer, mereka gunakan biasanya untuk merayakan kemenangan perang. Tahukan anda bahwa marching band tertua didunia berasal dari Turki? Marching band itu bernama Mehter. Turki Mahter lebih dikenal dengan kata Mahtar dai bahasa Peris tepatnya dijaman Turki Utsmani.



Band-band yang bergabung dalam rombongan umumnya dikenal sebagai mehterhane, yang jika diartikan berarti pertemuan para Mehter. Orang-orang Turki moderen lebih sering menyebut band ini sebagai takimi mehter yang artinya peleton mehter. Tapi orang-orang Barat lebih sering menyebutnya sebagai Janisari.

Istilah Mehter sendiri pertama kali ditemukan pada Prasasti Orkhon abad ke-8. Namun Mehter kala itu lebih menunjukkan pada permainan instrumen individu. Tidak heran jika pada abad ke-8 banyak dtemukan drum, lantaran kala itu publik Turki sedang hobi-hobinya membeli drum demi menjadi Mehter. Kata Mehter yang merujuk sebagai sebuah band baru tercipta pada abad ke-13.

Yakni ketika Sultan Seljuk Alaedin III memberikan hadian berupa band untuk Ozman Ghazi, sebagi ucapan selamat atas terbentuknya negara baru. Sejak itulah Mehter secara resmi bermain untuk menghibur penguasa, dan pasukan Janisari lah yang diperintah khusus menjadi Mehter. Sejak abad ke-16, gagasan marching band militer pun akhirnya mulai dikenalkan keseluruh kesatuan militer didunia.

Mehter kal itu banyak memainkan musik-musik dari komposer klasik ternama di Eropa seperti Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart juga Ludwig van Beethoven. Pada 1826 kepopuleran Mehter mulai meredup ketika Sultan Mahmud II melarang adanya pasukan yang bermain band. Baru pada 1911 Mehter kembali hidup ketika Direktur Museum Militer Istanbum mencoba membangkitkan lagi tradisi mehter.

Dan hingga saat ini Mehter masih sering ditampilkan di Turki, untuk memperingati kejayaan masa lalu. Budaya ini akhirnya segera diikuti oleh militer-militer di Eropa, Amerika dan merambah ke Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar