Senin, 21 Juli 2014

Mengenal Scale


Ketika anda bermain musik dan mendengar melodi seperti gitar, piano, bass dll tentu tidak akan terlepas dari scale atau tangga nada. Seseorang akan bermain melodi dengan baik jika ia memahami scale atau jalur melodi tersebut. Banyak musisi handal yang sudah mahir bermain melodi dimanapun fret gitar itu berada, karena mereka sudah memahami scale.

Mengenal Scale


Lalu dengan improvisasi sendiri merekapun akhirnya mampu memadupadanakan scale menjadi melodi indah. Karena itu scale menjadi faktor penting ketika anda berlatih. Belilah alat musik piano, karena instrumen ini paling pas digunakan untuk belajar scale. Berikut penjabaran scale untuk membantu anda berlatih sendiri.

a.Pentatonik, adalah scale yang terdiri hanya 5 nada dan merupakan scale tertua akan tetap menjadi yang paling banyak digunakan. Scale ini ada dua macam yaitu mayor (G-A-B-D-E) dan minor (G-A#-C-D-F).

b.Chromatic,adalah scale yang berjarak masing masing ½ nada dan jumlahnya ada 12 nada.

c.Diatonic atau yang lebih dikenal dengan scale natural, adaah scale yag terdiri dari 7 nada,yakni
*Scale Ionian (Mayor Scale) adalah scale yang biasa digunakan untuk lagu-lagu bernuansa riang (G-A-B-C-D-E-F#-G)
*Scale Dorian, adalah scale yang terbentuk karena nada awal bergeser kenada kedua. Scale ini termasuk kategori minor tapi tidak untuk disebut minor scale (A-B-C-D-E-F#-G-A)
*Scale Phrygiant (Cassic), adalah scale yang mengandung unsur mistik karena nadanya klasik dan khas. Digunakan oleh para rocker karena bernuansa cadas (B-C-D-E-F#-G-A-B)
*Scale Kydian, adalah scale yang termasuk kategori mayor (C-D-E-F#-G-A-B-C)
*Scale Mixolydian, juga termasuk kategori mayor (D-E-F#-G-A-B-C-D)
*Scale Aeolian (Minor scale) atau yang sering disebut ibu minor (E-F#-G-A-B-C-D-E)

*Scale Locrian (Half-Diminish Scale), ini adalah nada pentatonic yang menghasilkan scale Diminished (F#-G-A-B-C-D-E-F)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar