Jumat, 11 Juli 2014

Musisi dan seniman yang menjadi aktifis

Sudah begitu banyak musisi yang teribat dalam berbagai kegiatan sosial, dan menjadi seorang aktifis. Keberadaan mereka mewarnai dunia aktifitas sosial. Berbagai kegiatan sosialpun terlihat menjadi semakin menarik dan menyenangkan. Kegiatan mereka tak lagi hanya berkutat di membeli drum, bermain gitar dan bernyanyi. Namun juga membantu memperbaiki lingkungan sekitar yang sudah mulai rusak.

Musisi dan seniman yang menjadi aktifis

Ada musisi yang terlibat aktifitas sosial hanya demi terlihat baik. Tapi tidak sedikit juga musisi yang tulus membantu tanpa mengharapkan imbalan. Mereka melakukannya karena merasa lingkungan sekitar sudah sangat menyedihkan. Hati mereka terketuk untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Ada yang menjadi aktifis wanita, ada yang menjadi aktifis lingkungan hidup dll.

Mereka rela membagi waktunya demi tampil dalam sebuah kegiatan, yang kebanyakan bersifat sukarela. Imbalannya hanya berupa nasi kotak dan sebotol air mineral. Tapi karena berbuat untuk perubahan, para musisi itupun merasa tidak keberatan. Lalu siapa sajakah musisi yang juga menjadi sibuk menjadi aktifis?

Yang pertama adalah Nugie, penyanyi manis yang selalu mengenaan kacamata tersebut menjadi aktifis lingkungan hidup. Nugie menjalankan perannya dengan terus mengampanyekan pelestarian lingkungan dan larangan merusak alam dengan segenap flora dan faunanya. Hebatnya ditengah kesibukannya sebagai aktifis Nugie tetap punya waktu untuk tampil off air dibeberapa cafe.

Musisi kedua yang menjadi aktifis adalah Iwan Fals. Penyanyi balada ini menjadi aktifis yang mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejak muda Iwan memang sangat peduli dengan hal-hal berbau politik. Karya-karya bahkan pernah dilarang beredar lantaran dianggap menyinggung pemerintah pada masa itu. Kemudian ada Ratna Sarumpaet salah satu seniman Indonesia yang menjadi aktifis wanita.

Ibu dari empat anak ini sangat tegas dalam meminta keadilan untuk wanita. Ratna berjuang dengan aktifis lainnya untuk memperjuangkan hak-hak kum wanita, yang masih sering belum didapat oleh masyarakat atau wanita Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar