Senin, 04 Agustus 2014

Alasan Mengapa Musik Era 90-an Dianggap Sebagai Musik Terbaik di Indonesia

Jika anda mengobrol dengan orang-orang kelahiran 80-an, maka mereka akan menyebut tahun 90-an adalah tahun-tahun terbaik bagi dunia musik Indonesia. Jika disuruh mendengarkan dan membandingkan musik masa kini dan masa 90-an, tentunya mereka akan memilih musik 90-an yang katanya lebih enak didengar dan lebih jelas genrenya. Karena musik era kini terlalu variatif hingga sukar dinikmati.

alasan musik 90an terbaik


Sebenarnya apa yang membedakan musisi era 90-an dengan sekarang, yang membuat musisi era 90-an begitu spesial? Pertama karena musisi era 90-an benar-benar megandalkan bakat tarik suara untuk mencapai popularitas. Ini berbeda dengan musisi jama sekarang yang juga mengedepankan hal-hal berbau kontroversial untuk menaikkan pamornya didunia hiburan. Musikalitas yang bagus, melahirkan banyak album yang ngehits, bukan sebuah single yang ngehits justru karena kontroversi.

Kedua musisi era 90-an rata-rata sangat cerdas. Sebagian besar penyanyi jaman itu mneyanyikan lagu yang mereka ciptakan sendiri. Beda dengan penyanyi masa kini yang lebih banyak menyanyikan lagu ciptaan orang lain, ata bahkan mengcover lagu lawas dengan mengaransmen ulang. Lirik, pemilihan nada dan komposisi penyanyi-penyanyi masa kini cenderung kurang variatif. Ketiga adalah musisi jaman dulu tidak mendewakan penampilan fisik mereka.

Tampil cantik atau tampan memang perlu, namun tidak perlu melakukan hal-hal berlebihan seperti yang kerap dilakukan oleh para girl dan boyband masa kini. Cukup tampil rapih dan kharisma pun tercipta dari bakat alami mereka. Lirik yang puitis juga menjadi salah satu faktor musisi era 90-an lebih berkualitas. Bandingkan dengan jaman sekarang, yang membuat lirik hanya seperti pengulangan saja.

Anda ingin menjadi bagian dari salah satu musisi berkualitas? Tentu saja anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dilakukan musisi jaman dahulu dalam berkarya. Mulailah dengan membeli drum, gitar atau keyboard dan berlatihlah dengan tekun. Jangan menggunakan kesempurnaan tubuh anda untuk mendulang kontroversi dan memperkenalkan diri kepada publik. Sedangkan kualitas anda sendiri belum terasah dengan baik.

2 komentar: