Kamis, 07 Agustus 2014

Memilih Gitar Klasik Untuk Pemula

Bagi anda yang baru belajar bermain gitar, tentunya membeli gitar adalah rutinitas yang wajib dilakukan. Tidak mungkin bagi anda terus meminjam gitar pada teman bukan? Selain mengurangi waktu berlatih, meminjam gitar juga bakal membuat konsentrasi anda terganggun. Karena bukannya fokus bermain gitar, anda justru lebih sibuk memikirkan kapan harus mengembalikan gitar pinjaman.

Memilih Gitar Klasik Untuk Pemula


Namun membeli gitar juga bukan perkara mudah, salah-salah kita malah mendapatkan gitar berkualitas buruk dengan harga selangit. Karena itu dibutuhkan pengetahuan tentang gitar sebelum anda memutuskan untuk membeli. Anda bisa bertanya pada yang lebih ahli atau mencari keterangannya di internet.

Setelah menemukan gitar yang tepat, anda juga perlu mencobanya untuk mengetes apkah gitar tersebut sejiwa dengan hati anda. Banyak kasus gitaris pemula tidak menguasai gitarnya, lantaran saat membeli tidak menemukan chemistry dengan gitar pilihannya. Lalu sebenarnya gitar apa yang cocok dimiliki para pemula, khususnya untuk produk Yamaha?
Beberapa ahli musik merekomendasikan dengan kode C-XXX (X = angka, cth: C-450) itu untuk versi lokal, sedangkan untuk versi import anda bisa memilih gitar klasik dengan kode CG-1X1 (X = angka, cth: CG-111;CG-131)

keterangan:
CG = Classical Guitar
S = Spruce (dibelakang angka, cth : CG-131S
C = Ceddar (dibelakang angka, cth : CG-171C)

Spruce berarti kayunya berbahan dari kayu cemara Ceddar . Spruce cenderung lebih bulat suaranya, tetapi ceddar cenderung lebih meriah. Semakin tinggi nilai angka semakin baik pula kualitas gitarnya. Misalnya  CG-131S lebih baik dari CG-111S.

Jika anda memilih yamaha versi impory, anda bisa mulai dari CG-111 dan seterusnya sampai CG-171. Jika memiliki budger berlebih langsung beli 171 saja, disarankan memilih Spruce karena bisa digunakan secara universal. Ceddar lebih enak untuk memainkan lagu2 flamenco. Jika sudah mahir anda bisa menggunakan versi GC (Grand Concerto) atau versi handmade, yang bisa mencapai harga miliaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar