Selasa, 05 Agustus 2014

Vocaloid

Vocaloid adalah perangkat lunak yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Perangkat ini biasanya digunakan untuk mengisi soundtrack film kartun. Namun dalam perkembangannya Vocaloid akhirnya digunakan juga oleh band-band Jepang, sebagai pengganti vokalis manusia. Vocaloid pertama diluncurkan pada 2004. Meiko dan Kaito adalah produk keluaran Vocaloid 1.





Meiko menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar utama, keduanya menggunakan fonetik Jepang untuk nyanyiannya dan beraliran soul. Pada 2007 vocaloid dua diperkenalkan kepada publik, yakni Hatsune Miku, Kagamine Rin dan Megurine Luka. Sayangnya saat itu perangkat ini banyak mendapat tanggapan miring, lantaran menghadirkan sejumlah masalah bagi para penggunanya.
Pada 2011 Vocaloid 3 pun diluncurkan, bersama beberapa voice bank bahasa Jepang. Produknya adalah Mew, SeeU, dan IA. Jika pada vocaloid 1 dan vocaloid 2 pustaka suara dan software ditornya digabung menjadi satu, di Vocaloid 3 software dan pustakaan dijual terpisah. Pustakan suara itu sendiri hanya berisi versi kecil software ditor vocaloid 3.

Kehadiran vokaloid di Jepang sudah menggantikan peran vokalis. Bagi anda seorang vokalis, tentunya software ini adalah sebuah ancaman. Jika tidak ingin tersingkir sebaiknya anda benahi kualitas suara dan permainan musik anda. Belilah gitar dan mulailah asah kemampuan anda, agar menjadi vokalis multitalenta. Jangan sampai karena kesalahan anda sendiri, peran anda di band akhirnya digantikan oleh sebuah software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar