Kamis, 14 Agustus 2014

Yamaha Subkick

Untuk para drummer yang sering melihat benda kecil dipasang didepan bass drum, bentuknya mirip seperti tom-tom kecil namun memiliki stand itulah Subkick. Alat ini adalah sebuah speaker yang berukuran 6,5 inch, yang ditempatkan didalam sebuah shell drum berukuran 10”x5”.



Jika speaker tersebut fasenya dibalik makan akan berfungsi menangkap suara, mirip seperti microphonne. Speakter tersebut bekerja dengan cara mengubah energi akustik menjadi energi listrik. Yamaha subkick ini akan menangkap frekuensi low yaitu frekuensi sekitar 100Hz-2000Hz dimana microphone biasa kurang bisa menangkap secara mendetail.

Sehingga jika disatukan dengan microphone bassdrume, dan Yamaha subkick ditambahkan sebagai pelengkap microphone akan menambah frekuensi low dari bass drum kita. Selain itu juga dapat menambah attack dari kick bass drum kita saat direkam.Yamaha subkick ini awalnya diperkenalkan oleh drummer dunia bermana Russ Miller.
Menurut pengakuan Miller dia inin mendapatkan sound drum natural, yang dia rasakan kurang bisa didapatkan hanya dengan microphone biasa saja. Suara bass yang dia rasakan terlalu terwarnai dan kurang natural. Miller kemudia mencoba bereksperimen menggunakan sebuah speaker yang dia balik fasenya.

Hasil dari eksperimen tersebut sangat memuaskan, dan mendorong Yamaha untuk memproduksinya secara mahal, terciptalah Yamaha Subkick. Jika anda akan membeli drum, jangan lupa untuk membeli subkicknya juga. Sebagai pemula mungkin anda merasa belum membutuhkan alat ini. Tapi ketika sudah semiprofesional anda pasti merasa tidak lengkap jika tidak menggunakan subkick.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar